Tim Pelaksana PPDM Unisa dan Unismuh Gerakkan Warga Salubomba Manfaatkan Limbah Sabut Kelapa

Tim Pelaksana PPDM Unisa dan Unismuh Gerakkan Warga Salubomba Manfaatkan Limbah Sabut Kelapa

Palu-Wartakiat| Tim Pelaksana Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM), dari Universitas Alkhairaat (Unisa) dan Universitas Muhammadiyah (Unismuh), Palu untuk tahun kedua ini  memberikan pelatihan dan praktek pemanfaatan sabut kelapa menjadi sapu dan pembuatan pot bunga dari sabut kelapa bagi kelompok warga desa Salubomba, kecamatan Banawa Tengah.

Ketua Tim Pelaksana PPDM, Asrawaty, S.TP., M.Sc pada media ini mengatakan, pemanfaatan limbah sabut kelapa menjadi produk sapu dan pot bunga dari sabut kelapa bagi kelompok warga Salumbomba, kecamatan Banawa Tengah diharapkan dapat menambah pengetahuan dan keterampilan, sehingga secara bersamaan dapat meningkatkan ekonomi rumah tangga mereka.

Lebih lanjut Asrawaty mengatakan, untuk melatih kelompok usaha sabut kelapa dan pot bunga dari sabut kelapa Salubomba ini mereka juga mendatangkan instruktur berpengalaman, aktivis pemberdayaan masyarakat lokal, Lukito, asal Provinsi Lampung.

Kegiatan itu dibuka oleh Wakil Bupati Donggala, Mohammad Yasin, S.Sos.,M.AP. Dalam sambutannya, Wakil Bupati memberikan apresiasi kepada Dosen Unisa dan Unismuh yang telah berbagi pengetahuan dengan warganya, khususnya di desa Salubomba kecamatan Banawa Tengah.

Pada kesempatan itu, ia memuji warganya yang antusias mengikuti pelatihan itu. Ia berharap, kegiatan itu diikuti dengan baik dan sunggu-sungguh sehingga  menghasilkan produk yang memiliki nilai jual yang tinggi.

“Sampesuvuku sarara komiu ikuti dengan baik kegiatan ini, supaya hasil kerajinan tangan kalian ini punya nilai jual  yang bisa bersaing dipasaran lokal hingga nasional. Kalau  itu terjadi otomatis mendongkrak perekonomian kita,”kata Wakil Bupati.

Sementara itu pelaksana PPDM asal Unismuh Palu, Drs. Muh. Jufri, M.Si. mengatakan, kegiatan tahun kedua meliputi pelatihan pengolahan sabut kelapa,berupa pembuatan sapu dan pembuatan pot bunga dari sabut kelapa, pembuatan pupuk organik padst dan pupuk organik cair, pelatihan pengolahan pisang, yakni kripik pisang aneka rasa,naget pisang dan kue bronis dari pisang

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 1-2 Juni itu diikuti dengan antusias oleh kelompok usaha sabut kelapa dan pot bunga dari sabut kelapa desa Salubomba kecamatan Banawa Tengah, pendanaannya bersumber dari Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA), dari Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi nomor SP DIPA 042.06.1.401516/2021.

Untuk diketahui pada tahun pertama, tim PPDM Unisa dan Unismuh yang diketuai Asrawty dengan anggota Muhammad Jufri, Sabariyah D, dan Marjun Pakaya itu berhasil melatih dan melakukan pendampingan pada kelompok usaha minyak vco dan minyak tahan lama, piring, tempat buah dan tudung saji terbuat dari lidi kelapa.

Laporan : Ridwan Laki

Ridwan Laki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *