UNISA Tuan Rumah Silaturrahim Kepala LLDIKTI Wilayah XVI di Palu

UNISA Tuan Rumah Silaturrahim Kepala LLDIKTI Wilayah XVI di Palu

Palu-Wartakiat| Merdeka Belajar adalah memberi kebebasan dan otonomi kepada lembaga pendidikan dan merdeka dari birokratisasi.

Hal itu dikemukakan oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI), Wilayah XVI, Prof. Dr. Ir. Mahludin Baruadi,M.P belum lama ini di hadapan para pimpinan Perguruan Tinggi Swasta Se Sulawesi Tengah baru-baru ini di kampus Universitas Alkhairaat (Unisa), Palu.

“Dosen dibebaskan dari birokrasi yang berbelit serta mahasiswa diberikan kebebasan untuk memilih bidang yang mereka sukai,” kata Prof Mahludin.

Kebijakan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi itu hemat Mahludin bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja.

Silaturahim yang dipusatkan di Aula Fakultas Kedokteran Unisa itu juga dirangkaikan dengan penyerahan rekomendasi dukungan program pada Rektor Universitas Sintuwu Maroso dan penyerahan dokumen kontrak Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), pada STIKES Widya Nusantara. Satu-satunya Perguruan Tinggi Swasta di Sulawesi Tengah yang mendapatkan hibah PKM Tahun ini

Menurut Prof Mahludin keberadaan LLDIKTI XVI tidak lain untuk memberikan dan mendekatkan pelayanan secara maksimal kepada Perguruan Tinggi Swasta yang ada di wilayah kerjanya yakni Sulawesi Utara, Gorontalo dan Sulawesi Tengah.

Ia juga memberikan apresiasi atas antusias para pimpinan perguruan tinggi yang hadir yang begitu bersemangat untuk mengembangkan perguruan tinggi yang dipimpinnya sesuai dengan regulasi dari pemerintah.

Terkait dengan program kementerian Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Prof Mahludin meminta pimpinan Perguruan Tinggi Swasta mengimplementasikannya didahului dengan penerbitan Surat Keputusan Pimpinan Perguruan Tinggi terkait program yang dimaksud.

Hal senada juga dikemukakan oleh Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta (APTISI) Sulawesi Tengah, Ir. Burhanuddin A. Masse, S.Kom.,M.Kom. Menurutnya, saat ini dunia kerja membutuhkan tenaga terampil siap pakai memiliki skil dan soft skill yang baik, bukan nilai IPK yang tinggi.  Sementara itu Rektor Universitas Alkhairaat, Dr. Umar Alatas menyambut baik kehadiran Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi di Kampus Hijau Universitas Alkhairaat.

“Kehadiran pak Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi yang pertama ini melecut semangat kami untuk berbenah, dengan pelayanan yang sudah dekat ini lebih memudahkan akselerasi perguruan tinggi di tiga wilayah ini untuk lebih maju dan mampu bersaing dengan PTS maju lainnya di Indonesia,”kata Rektor Unisa.

Jalannya silaturrahim diakhiri dengan diskusi atau sambung rasa yang dipandu oleh Koordinator Kelembagaan LLDIKTI Wilayah XVI, Drs. Irwan Khalid,M.Si.

Laporan: Ridwan Laki

Ridwan Laki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *