Lurah Tipo Minta Mahasiswa KKN Tematik Unisa Luruskan Berita Hoax Tentang Covid-19

Lurah Tipo Minta Mahasiswa KKN Tematik Unisa Luruskan Berita Hoax Tentang Covid-19

Palu-Wartakiat| Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik Covid-19, (KKNT) angkatan 48, Universitas Alkhairaat (Unisa), Palu mengambil peran bersama pemerintah kelurahan Tipo, melakukan sosialisasi pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19 di kota Palu.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Rani Fardhani pada media ini, Sabtu, (28/8), menuturkan, mahasiswa bimbingannya bersama pemerintah setempat dengan menggunakan mobil Universitas, melakukan sosialisasi pencegahan penyebaran Covid-19 sambil membagikan masker gratis pada masyarakat. Mereka meminta masyarakat pengguna jalan agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

Lurah Tipo, Muin Bahar, mengapresiasi kehadiran mahasiswa KKNT Unisa yang sebagian besar mahasiswa kedokteran itu turut mengambil peran membantu pemerintah kelurahan mensosilisasikan pencengahan penyebaran Covid-19 di wilayahnya.

Program kerja yang diberi nama “sosialisasi mobile pencegahan penyebaran Covid-19” itu digagas oleh mahasiswa KNNT Unisa dan pemerintah kelurahan Tipo. Kegiatan itu juga didukung sepenuhnya oleh satgas Covid-19 kelurahan Tipo.

Mahasiswa KKNT, kata Muin Bahar, kebagian peran meyakinkan warga akan bahaya pandemi virus Covid-19 di Kota Palu, apalagi melihat tren kasus belum melandai.

“Mahasiswa KKNT kebagian peran meyakinkan warga akan bahaya Covid-19 ini, karena ini salah satu kendala kami selama ini, mereka banyak yang terpapar berita hoax di media sosial, jadi besar harapan kami adik-adik mahasiswa KKN yang saya ketahui ada beberapa dari Kedokteran bisa meluruskan berita yang simpang siur ditengah masyarakat,”harap  Muin Bahar.

Ketua Satgas kelurahan Tipo, Darwis Abdullah, terlihat turut serta membagikan masker secara langsung kepada masyarakat kelurahan Tipo. Dia mengatakan, banyaknya informasi hoax yang beredar di media sosial sangat berpengaruh terhadap kepercayaan warga akan bahaya virus ini.

“ Kehadiran mahasiswa ini kami harapkan bisa meluruskan informasi yang beredar, kegiatan ini sangat membantu pemerintah kelurahan Tipo. Khususnya masyarakat Tipo,”terangnya.

Sementara itu, Kepala Divisi Pengabdian kepada Masyarakat, Muhamad Gulom memberikan apresiasi kepada dosen pembimbing lapangan dan mahasiswa KKN Tematik Covid-19 yang telah mampu mengejawantahkan falsafah KKN Tematik ini di masyarakat.

Laporan : Ridwan Laki

Ridwan Laki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *