Raker Unisa, Habib Ali Ingatkan Pentingnya Menghargai Waktu

Raker Unisa, Habib Ali Ingatkan Pentingnya Menghargai Waktu

Palu-Wartakiat| Ketua Umum Yayasan Alkhairaat Sayyid Idrus bin Salim Aljufri, H.S. Ali bin Muhammad Aljufri mengingatkan civitas akademika Universitas Alkhairaat (Unisa), soal pentingnya menghargai waktu.

Hal itu dikemukakan Habib Ali saat membuka Rapat Kerja (Raker), Unisa di Aula Universitas Alkhairaat, Kamis, (9/9). Habib Ali mengemukakan pentingnya menghargai waktu, saking pentingnya, dalam Alqur’an Allah beberapa kali bersumpah demi waktu bahkan menjadikannya nama surah.

“Dalam Alqur’an kita bisa jumpai beberapa surah dan ayat  dimana Allah bersumpah dengan waktu, antara lain, dalam surah Al-Fajr ayat 1-2. Walfajri-demi waktu fajar, walayaalin asrin-dan malam-malam yang sepuluh. Surah Al-Ashr ayat 1,walashri-demi masa dan surah Ad-Dhuhaa, demi waktu dhuha,”jelas Habib Ali

Ketua Umum PB Alkhairaat itu menegaskan bahwa Allah tidak main-main dengan persoalan waktu, siapa yang mengabaikan waktu sedetik saja dengan hal yang tak bermanfaat maka sesungguhnya dia telah merugi, karena waktu itu ibarat pedang, kata Rasulullah, yang bisa kapan saja bisa membunuhmu jika tidak mempergunakannya dengan baik.

Habib Ali menilai, penghormatan kepada waktu masih jauh dari harapan, hanya dunia barat yang menyadari betul pentingnya disipilin waktu ini, sehingga mereka mengatakan waktu adalah uang.

“Bagaimana kita mau melakukan sinergitas dan produktif untuk mencapai sesuatu, nilai akreditasi yang baik misalnya, jika kita sendiri tidak menghargai waktu, datang tidak tepat waktu, selalu molor, kebiasaan ini harus diubah jika ingin mencapai sesuatu yang lebih baik,” tekan Habib Ali

Rapat kerja yang mengusung tema Meningkatkan Sinergitas dan Produktivitas Unit Kerja menuju Peningkatan Akreditasi Universitas Akhairaat yang berlangsung hingga malam itu berhasil menetapkan beberapa keputusan strategis untuk pengembangan Unisa satu tahun kedepan.

Sebelum rapat komisi, Rektor Unisa, Dr. Umar Alatas memaparkan program kerjanya hingga 2023 mendatang dihadapan para peserta raker. Ketua Stering Comitee, Dr. H. Kasman Jaya Saad mendaulat wakil Rektor bidang akademik, Fachruddin A.Yahya,  sebagai ketua A, wakil Rektor bidang keuangan, Marjun ketua komisi B dan wakil Rektor bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama, Dr. Ahmadan ketua komisi C.

Raker ditutup oleh Ketua Yayasan, Dr. Sofyan Bachmid. Pada kesempatan itu, Sekretaris MUI Provinsi Sulawesi Tengah itu berharap agar keputusan yang telah disepakati dapat dijalankan dengan amanah dengan senantiasa bersandar pada niat keikhlasan karena Allah dan berprasangka baik dengan mengamalkan surah Al-fatihah.

Laporan: Ridwan Laki

Ridwan Laki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *