Mubes IKA Unisa, Jaya Rahman- Syarif Ungguli Mutmainah Korona-Saiful Sudin

Mubes IKA Unisa, Jaya Rahman- Syarif Ungguli Mutmainah Korona-Saiful Sudin

Palu- Wartakiat| Pasangan Jaya Rahman- Syarif, N.L berhasil mengungguli pasangan Mutmainnah Korona- Saiful Sudin dalam perhelatan pemilihan Ketua Umum-Sekretaris Jenderal Ikatan Alumni Universitas Alkhairaat (IKA) Unisa periode 2022-2026 di kampus hijau Unisa jalan Diponegoro no 39 Palu, Sabtu, (26/2).

Pasangan koalisi Fakultas Perikanan dan Fakultas Agama Islam itu diluar dugaan berhasil memperoleh suara signifikan menggungguli pasangan Mutmainnah-Saiful, koalisi Fakultas Ekonomi dan Fakultas Perikanan, yang sebelumnya digadang-gadang akan meraih kemenangan.

Dalam Perhutungan suara yang dilakukan oleh Panitia Pemilihan, pasangan Jaya-Syarif (Jas), berhasil meraih 100 suara, sementara pasangan Mutmainah-Saiful hanya meraih 83 suara. Kertas suara yang masuk sesuai dengan jumlah peserta yang memberikan hak pilihnya.

Menariknya, pada perhelatan Musyawarah Besar (Mubes) IKA Unisa kali ini juga dihadiri oleh sejumlah alumni yang saat ini menempati jabatan strategis yakni, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan kabupaten Donggala, Ali Assegaf, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan kabupaten Parigi Moutong Moh. Nasir. Mantan Kadis Kelautan dan Perikanan Parimo, Masrin M Said yang saat ini sebagai anggota DPRD Parigi Moutong.

Selain itu, Sekretaris Dinas Peternakan dan Perikanan kabupaten Sigi, Ijhar Lahusen, Kepala UPT Pelabuhan Perikanan Wil II, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulteng, Iffat M Burhan, Kepala UPT Kawasan Konservasi Teluk Tomini, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulteng, Jufri Lahmadi, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Tojo Una-una, Abd. Rahman Labanu, Kepala Bidang Pengawasan dan Perizinan Dinas Perikanan kabupaten Tojo Una-una, Muzamil beberapa pejabat eksekutif dan legislatif termasuk Mutmainah Korona yang saat ini sebagai Ketua Komisi A DPRD kota Palu dari partai Nasdem.

Rektor Unisa, Dr. Umar Alatas, Wakil Rektor I, Dr, Fachruddin A. Yahya, Wakil Rektor II, Marjun Pakaya, SE.,M.M dan Wakil Rektor IIi, Dr. Ahmadan B. Lamuri juga terlihat memberikan hak suaranya.

Ketua IKA demisioner, Abdul Malik mengingatkan falsafah di Alkhairaat yakni, Mandiri dalam Organisasi, Manunggal dalam Aspirasi.

“Maknanya adalah organisasi berhimpun para alumni Unisa ini selain kuat dalam struktur organisasi dan pendanaan juga selalu bersinergi taat dan patuh dengan pimpinan tertinggi di Alkhairaat,”katanya mengingatkan.

Pada bagian lain, alumni Fakultas Ekonomi yang juga pimpinan Madrasah Aliyah Alkhairaat Pelawa Parigi ini berharap semua alumni memiliki tanggung jawab yang sama untuk memperbaiki dan memajukan Unisa melalui jalur alumni.

“Alumni menjadi garda terdepan dalam menangkal berita hoax atau informasi yang mendiskreditkan almamater kita, kita harus bangga pernah terlahir dari rahim Unisa yang penuh keberkahan ini, coba liat sudah tidak terhitung lagi jumlah alumni yang sukses saat ini, saatnya kita bahu membahu menjadikan Unisa lebih baik lagi,”urainya.

Sementara itu, Rektor Unisa Dr. Umar Alatas yang juga alumni pertama yang menjabat sebagai Rektor berharap, wadah alumni tidak hanya sekedar simbol semata, melainkan mampu memainkan peran sebagai sosial kontrol, memberikan saran yang konstruktif pada pimpinan untuk perbaikan lembaga. Selain itu bersinergi membangun opini tentang keberadaan kampus Unisa dengan memberikan warna ditengah masyarakat.

“Saya ingin katakan, alumni itu mampu memberikan warna, bahwa alumni Unisa memiliki segalanya, sebagai motor sesuai dengan makna Alkhairaat, menebar kebaikan dan bermanfaat bagi agama bangsa dan negara ditengah persaingan yang kompetitif, jika alumni berperan baik, maka insitusi ini juga lebih baik di mata masyarakat,”jelas Rektor.

Rektor juga mengajak para alumni untuk memberikan informasi terkini tentang Unisa. Rektor mengatakan, wajah Unisa saat ini lebih baik dari sebelumnya, alumninya diterima di semua sektor, baik dilingkungan pemerintah, perusahaan industri hingga sektor swasta.

“Itu berita sudah basi, tahun 2015, setiap tahun digoreng, institusi Unisa saat ini sudah jauh melakukan langkah nyata dengan mendapatkan dua penghargaan sekaligus dari LLDIKTI pada bulan Desember 2020, yakni sebagai perguruan tinggi swasta dengan peningkatan kinerja tertinggi kategori Universitas dan dan Institut wilayah IX dan perguruan tinggi swasta dengan kinerja terbaik tingkat provinsi Sulawesi Tengah. Mari  kita bersinergi menjawab tantangan, alumni juga punya peran penting  dalam peningkatan akreditasi kampus,”pungkasnya.

Penulis; Ridwan Laki

Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.