URGENSI IKATAN ALUMNI

URGENSI IKATAN ALUMNI

Oleh: Abd. Rahman, S.E.,M.M*
IKATAN Alumni sangat penting sekali, karena pada zaman sekarang peran alumni sangat diperlukan bukan hanya menyangkut visi dan misi di dalam sebuah perguruan tinggi saja, tetapi ternyata peran alumni lebih dari itu. Ikatan Alumni dapat mempermudah atau sebagai pembuka jalan bagi alumni yang berasal dari perguruan tinggi yang sama untuk masuk dalam dunia kerja. Semakin banyak alumni yang sukses di berbagai macam pekerjaan, semakin banyak juga jalan yang terbuka bagi alumni dibawahnya dalam mendapatkan pekerjaan. Oleh karena itu, peran alumni sangatlah penting bagi sebuah perguruan tinggi karena alumni dapat mempermudah terbukanya pintu pada dunia kerja.

Nama baik dalam sebuah perguruan tinggi juga dipengaruhi oleh para alumninya, oleh karena itu dari alumni lah nama baik harus tetap terjaga karena apabila alumninya baik maka hal tersebut lah yang akan mengangkat nama baik dari sebuah perguruan tinggi tersebut, bagi alumni sangat penting sekali dalam menjaga nama baik almamaternya dimanapun mereka berada sebagai lulusan yang dapat menyelaraskan kecerdasan dan akhlak atau sering kita sebut dengan insan ulil albab. Oleh karena itu, peran alumni sangat lah penting bagi sebuah lembaga pendidikan khususnya pada sebuah perguruan tinggi karena dari alumni lah nama baik tercipta pada sebuah perguruan tinggi dengan segudang prestasi yang telah didapatkan dari alumni nya.
Universitas Alkhairaat merupakan perguruan tinggi tertua pertama di Sulawesi tengah, sampai saat ini telah melahirkan begitu banyak alumni yang tersebar luas di seluruh Indonesia yang sudah berkarier di banyak bidang seperti ekonomi bisnis, politik pemerintahan, , industri manufaktur maupun sosial kemasyarakatan. Sampai saat ini, Universitas Alkhairaat telah berhasil mencetak ribuan alumni, tentunya ini merupakan sosial capital yang besar yang menjadikan ikatan Alumninya bisa membantu universitas Alkhairaat sampai pada cita cita perguruan tinggi Word class, karena dengan banyaknya alumni bisa dijadikan alat komunikasi dan sekaligus wadah silaturahami.
Musyawarah besar IKA unisa Palu tinggal menghitung hari, panitia sudah sangat masif melakukan promosi dari dalam kota sampai kedaerah, dan terlebih lagi dinding medsos kita hampir setiap menit dihiasi baik itu sosialisasi kegiatan maupun tim sukses yang lagi gencar mempromosikan jagoan mereka. Semua itu sah sah saja dalam dunia demokrasi namun yang lebih penting bagaimana kegiatan mubes ini bisa menghasilkan output yang sesuai dengan Amanah institusi besar ini. Kami sebagai alumni sangat yakin bahwa calon yang dimunculkan saat ini merupakan alumni terbaik Lembaga ini, oleh karena itu besar harapan tersebut untuk bisa berbuat lebih baik lagi Ketika terpilih nanti, bukan malah menjadikan ika unisa sebagai kendaraan untuk memuluskan kepentingan pribadinya, karena menganggap ada kekuatan besar yang melekat dibelakangnya.
Kemudian saya kira pesta demokrasi didalam kampus dan diluar kampus merupakan hal yang jauh berbeda karena hampir dipastikan bahwa kegiatan seperti ini Ketika dilakukan oleh insan kampus lebih memunculkan nilai nilai ilmiah dan rasional, oleh karena itu sebagai salah satu pemilih dalam pesta ini, sangat mengharapkan kepada calon, lebih siap dalam menyiapkan konsep debat visi misi, yang menurut informasi akan difasilitasi oleh panitia dengan suasana yang spektakuler. Karena sebagai pemilih rasional pasti akan menunggu momen tersebut sebagai pertimbangan dalam menentkan pilihan.

Wallahulmustaan.

Penulis adalah alumni Fakultas Ekonomi 2006

Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.