Kepala UPT Teluk Tomini Ajak Diskanlut Touna Samakan Persepsi Kelola Kawasan Konservasi

Kepala UPT Teluk Tomini Ajak Diskanlut Touna Samakan Persepsi Kelola Kawasan Konservasi

Touna-Wartakiat| Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT), Kawasan Konservasi Pesisir dan Pulau-pulau Kecil Teluk Tomini, Provinsi Sulawesi Tengah, Jufri Lahamadi, S.Pi bersama tim kembali melakukan monitoring di kawasan zona inti. Jumat, (25/3).

Kali ini mereka menyasar wilayah Tanjung Api, kabupaten Tojo Una-una. Hal itu dilakukan dalam upaya menjaga kelestarian sumber daya laut, di wilayah teritorial teluk Tomini.

“Kami dari UPT Kawasan Koservasi Pesisir dan pulau-pulau kecil Teluk Tomini, melakukan monitoring di kawasan konservasi zona inti Tanjung Api kabupaten Tojo Una-una, saya sendiri, Asri, staf UPT dan Badrun staf dari dinas Kelautan dan Perikanan kabupaten Touna,”kata Jufri.

Jufri mengungkapkan, dalam pemanfaatan dan pengelolaan kawasan konservasi zona ada tiga bagian yang bisa dikelolah oleh masyarakat pesisir yakni, sub zona kawasan budidaya, sub zona kawasan penangkapan ikan dan sub zona ekowisata bahari.

Namun, ia juga tidak menampik jika masih terjadi sejumlah permasalahan di wilayah zona inti tersebut, misalnya, masih sering terjadi destructive fishing di kawasan konservasi zona inti, belum optimalnya keterlibatan masyarakat dalam pengelolaan kawasan konservasi serta perlunya mengoptimalkan hukum adat dan kearifan lokal masyarakat setempat dalam pengelolaan kawasan konservasi zona inti.

“Kami dari UPT Kawasan Konservasi Lesisir dan Pulau-pulau kecil Teluk Tomini DKP Provinsi Sulteng, sudah melakukan koordinasi dengan pihak dinas Perikanan Touna yang di wakili oleh Muzahmil, S.Pi, M.Si, Kabid Pengawasan dan Perizinan, untuk menyamakan persepsi tentang pemanfaatan dan pengelolaan kawasan konservasi zona inti yang ada di
Tanjung api desa Labuan kecamatan Ratolindo, kabupaten Touna, harapan kami dari UPT, dinas Perikanan Touna mengambil peran bersama untuk kemaslahatan masyarakat pesisir,”jelas alumni fakultas Perikanan Unisa itu..

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Tengah, Moh. Arif Abd. Wakil Latjuba,S.E.,M.Si, mengapresiasi langkah-langkah strategis yang dilakukan oleh Kepala Unit Pelaksana Teknis Teluk Tomini, Jufri Lahamadi bersama tim dalam rangka menjaga kelestarian ekosistem laut di Sulawesi Tengah, khususnya dikawasan Teluk Tomini.

Penulis; Ridwan Laki

Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.