Dekan Fakultas Pertanian Unisa Optimis Prodi Agroteknologi Raih Predikat Baik Sekali

Dekan Fakultas Pertanian Unisa Optimis Prodi Agroteknologi Raih Predikat Baik Sekali

Palu-Wartakiat| Dekan Fakultas Pertanian (Faperta), Universitas Alkhairaat (Unisa), Dr Arfan, S.P.,M.Sc, mengaku optimis bisa meraih predikat baik sekali untuk Program Studi Agroteknologi yang baru-baru ini di visitasi oleh tim assesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

“Insya Allah, kami optimistis pak, prodi agroteknologi ini meraih predikat baik sekali, selain karena persiapan kami cukup matang, ketersediaan SDM dosen bergelar doktor juga sudah lumayan banyak, kami punya 12 doktor,”katanya pada media ini, Ahad, (3/4).

Untuk diketahui, BAN- PT menugaskan dua assesor yakni, Dr. Dwi Setyawan dari Universitas Sriwijaya dan Prof. Dr. Ir. Sabaruddin, M.Agr, dari Universitas Syiah Kuala, didampingi oleh staf BAN-PT, Iwan Supriyanto, SE., MM dan DWI Sakti Nugroho, S.Pd. Sesuai dengan surat tugas nomor, 328/BAN-PT/SPT-AK/A/2022, tertanggal 18 Maret 2022. Mereka melaksanakan asesmen lapangan tanggal 28-30 Maret 2022.

Menurut Arfan, mereka melakukan persiapan sejak bulan Agustus 2021, diawali dengan pengumpulan data, pengisian LKPS dan LED. Selama proses ini kata Arfan, mereka didampingi oleh assesor BAN-PT asal Universitas Tadulako (Untad), Prof. Mursalim dan Drs. Samsyul, M.Si dari LPPMP Untad.

Arfan mengatakan, jika mereka berhasil meraih predikat baik sekali, maka peluang membuka program magister atau S2 prodi Ilmu Pertanian terbuka lebar. Sebab salah satu persyartannya adalah prodi S1 meraih predikat baik sekali.

Untuk diketahui, salah satu yang berubah pada Peraturan BAN-PT Nomor 1 Tahun 2020 adalah istilah peringkat akreditasi atau peringkat terakreditasi menjadi Unggul, Baik Sekali dan Baik atau Tidak Terkareditasi untuk Akreditasi yang dilakukan dengan IAPS 4.0 dan IAPT 3.0 .

Mekanisme ini tertuang dalam Peraturan BAN-PT Nomor 1 Tahun 2020 Pasal 1 Nomor 8 yang berbunyi: Peringkat Akreditasi atau peringkat Terkakreditasi adalah hasil akreditasi yang dilakukan pleh BAN-PT yang terdiri atas:
a. A,B dan C untuk akreditasi yang dilakukan dengan menggunakan Instrumen Akreditasi 7 Standart; dan
b. Unggul, Baik Sekali dan Baik untuk Akreditasi yang dilakukan dengan IAPS 4.0 dan IAPT 3.0.

Ditempat terpisah, dosen senior Faperta, Dr. Ir. Kasman Jaya Saad, M.Si, menyayangkan masih ada assesor khususnya yang berasal dari kampus negeri yang sudah mapan, cenderung membandingkan fasilitas di kampusnya dengan kampus swasta tempatnya mereka melaksanakan asesment lapangan.

“Walaupun tidak semua, tapi masih ada assesor yang membandingkan sarana prasarana di kampusnya dengan yang dilihatnya saat melaksanakan tugas, saya rasa ini kurang fair, beda jauh lah, PTN disupport oleh APBN sementara kami tidak, padahal disisi lain, kami juga dituntut meraih predikat baik sekali, karena itu yang menjadi tolok masyarakat menentukan perguruan tinggi pilihannya,”pungkasnya.

Penulis; Ridwan Laki

Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.