Tim Riset BPS Pusat dan BRIN Kunjungi DKP Sulteng

Tim Riset BPS Pusat dan BRIN Kunjungi DKP Sulteng

Palu-Wartakiat| Tim riset dari Badan Pusat Statistik (BPS Pusat) dan Badan Riset Inovasi Nasional, (BRIN), melakukan kunjugan kerja ke Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Tengah dari tanggal 13 Juni sampai 2 Juli 2022.

Dr. Bagus Hary Prokoso, peneliti ahli muda BRIN, dipercayakan sebagai Ketua tim. Ia bersama tim peneliti ahli muda BRIN lainnya, Anggi Afriansyah dan Putu Rima Ayu Padini, staf Fungsi Statistik Demografi, Direktorat Statistik Kependudukan dan Ketenagakerjaan Badan Pusat Statistik.

Tim riset BPS BRIN juga disupport oleh Herdianto, Kepala UPT Kawasan Konservasi Pesisir dan Pulau-pulau kecil Morowali, Usman Abdurahman, pejabat fungsional DKP Sulteng, Sukiman, Kepala seksi Wil I UPT Kawasan Konservasi Pesisir dan Pulau-pulau Kecil Teluk Tomini dan Juprianus Sangrupa, Kepala Seksi Wil I UPT Kawasan Konservasi Pesisir dan Pulau-pulau Kecil Morowali.

Tim Riset dalam kunjungan kali ini akan melakukan kajian Kualitatif Pembangunan Ekonomi Hijau dan Kondisi Sosial Demografi Penduduk Indonesia Mewujudkan Kesejahteraan Penduduk dan Lingkungan Berkelanjutan.

Sukiman, Kepala Seksi Wil I UPT Kawasan Konservasi Pesisir dan Pulau-pulau Kecil Teluk Tomini, berharap, dari hasil riset ini pengelolaan dan pemanfaatan mangrove untuk masyarakat pesisir serta upaya dalam pemberdayaan masyarakat pesisir mangrove dapat meningkatkan kesejahteraan dan pendapatan.

Selain itu, tercipta lintas koordinasi pemerintah dan masyarakat dalam perlindungan pesisir untuk mengatasi sampah kiriman rumah tangga dan tata kelola UPT Konservasi dalam perlindungan, pelestarian dan pencegahan dilingkungan pesisir.

“Harapan kami, agar keterlibatan masyarakat pesisir yang ada di empat UPT kawasan konsevasi lebih dioptimalkan dan diberdayakan,”harapnya.

Di tempat terpisah, Kepala UPT Kawasan Konservasi Pesisir dan Pulau-pulau kecil Tomini, Provinsi Sulawesi Tengah, Jufri Lahmadi, mengapresiasi tim dari BPS Pusat dan BRIN, tahun ini pihaknya menyiapkan data series, khusus di kabupaten Parigi Moutong, tahun depan kabupaten Poso dan kabupaten Tojo Una-una.

Laporan: Ridwan Laki

Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.