BPOM Palu Latih Mahasiswa KKN UNISA jadi Agen Edukasi Obat dan Makanan

BPOM Palu Latih Mahasiswa KKN UNISA jadi Agen Edukasi Obat dan Makanan

Palu-Wartakiat| Dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat agar dapat memilih dan mengkonsumsi
obat dan makanan yang aman dan bermutu, Balai POM di Palu menggandeng Universitas Alkhairaat (UNISA), untuk memberikan edukasi kepada masyarakat.

Hal itu dikemukakan oleh Kepala Balai POM di Palu, Agus Riyanto saat membuka Pelatihan Agen Edukasi Obat dan Makanan (KAFE OM) bagi mahasiswa KKN UNISA tematik BPOM di aula Posintomu, Balai POM di Palu, jalan Undata nomor 3 Palu, Kamis, (25/8).

Selain itu kata Agus, mahasiswa KKN jika menemukan pelanggaran, produk yang tidak memenuhi syarat dapat melaporkan
kepada Balai POM di Palu.

“Apabila terjadi pelanggaran atau menemukan produk yang tidak memenuhi syarat, mahasiswa langsung melaporkan ke Balai POM di Palu, dengan maksud itulah sehingga kami melaksanakan Pelatihan Agen Edukasi Obat dan Makanan (KAFE OM) bagi mahasiswa KKN UNISA ini,”jelasnya.

Ditempat yang sama, Rektor UNISA Palu, Dr Umar Alatas yang menjadi salah satu narasumber pada kesempatan itu menegaskan bahwa implementasi dari kerjasama UNISA dan Balai POM adalah bersama-sama memberikan edukasi kepada masyarakat, apalagi lanjut Rektor yang turun KKN periode ini didominasi oleh mahasiswa fakultas Kedokteran.

Rektor berharap, dengan adanya pelatihan agen edukasi obat dan makanan seperti ini membuka cakrawala berpikir mahasiswa serta  mampu mengaplikasikan teori yang dipelajari selama ini di kampus, sekaligus sebagai sarana pengembangan kepribadian mahasiswa ditengah-tengah masyarakat dengan etika dan kultur kealkhairatan.

“Saya harap mahasiswa mampu mengaplikasikan teori yang dipelajari selama ini di kampus di tengah masyarakat walaupun waktunya tidak terlalu lama, kalian membawa bendera Alkhairaat, maka jaga baik-baik marwah lembaga kita, dan yang yang terakhir berikan kesan yang baik kepada Balai POM di Palu, kalian adalah pionir yang akan membuka jalan dan rekomendasi program  selanjutnya, jalankan program dengan baik, selalu berkoordinasi dengan dosen pembimbing lapangan,”tegas Rektor.

Mahasiswa KKN tematik BPOM ini akan ditempatkan di desa  Limboro dan desa Towale kecamatan Banawa Tengah. Desa Lalombi, desa Surumana dan desa Watatu, kecamatan Banawa Selatan, kabupaten Donggala.

Acara ini turut dihadiri oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), UNISA, Abdul Kadir Alkaf, sekaligus sebagai salah satu narasumber, Sekretaris LPPM, Ningsih, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), KKN BPOM dan 50 orang mahasiswa KKN tematik BPOM.

Laporan: Ridwan Laki

Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *