Dosen Faperta UNISA Presentasi Seminar Akhir Pengabdian di Bali

Dosen Faperta UNISA Presentasi Seminar Akhir Pengabdian di Bali

Palu-Wartakiat| Prestasi kembali ditorehkan Universitas Alkhairaat (UNISA), dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui salah seorang dosennya, Dr Ir Sitti Sabariyah D, ia diundang untuk presentasi seminar akhir pengabdian di Bali.

“Kita merupakan satu-satunya perguruan tinggi di Sulawesi Tengah yang mendapat kepercayaan melaksanakan program PPDM sampai tahun ke tiga, sekaligus diundang presentasi seminar akhir pengabdian di Bali selama dua hari, dari tanggal 1-2 Desember 2022,”kata Dr Sitti Sabariyah pada media ini, (30/11).

Ketua LPPM UNISA periode 2018-2019 itu berharap, kehadiran dirinya di Bali bisa menambah nilai bagi institusi, sehingga bisa mendongkrak akreditasi perguruan tinggi. Kedepan, kata Sabariyah D, para dosen bisa mengakses lebih banyak lagi program dari DIKTI maupun dari Kementerian lain.

Dia meminta insan akademik UNISA untuk mendoakan dirinya agar tetap semangat dibarengi ikhtiar dan doa mewakili tim PPDM UNISA melakukan presentsi di Bali tanggal 1 Desember 2022.

“Semoga ini menjadi dasar pertimbangan bagi DIKTI untuk membei kepercayaan kepada kita untuk bisa mendapatkan program pengabdian dan penelitian pada tahun mendatang,”imbuhnya.

Dr Sitti Sabariyah akan mempresentasikan PPDM Sentra Olahan Hasil Pertanian Berbasis Teknologi Tepat Guna dan Pengembamgam Desa Wisata Pasca Gempa di Desa Salubomba.

Menurutnya, dasar penilaian DIKTI untuk kembali mendapatkan pembiayaan adalah partisipasi perguruan tinggi dalam bentuk dana sebesar 10 juta rupiah, partisipasi pemda melalui dana desa sebesar 7,5 juta rupiah, dana tersebut kata Sabariyah, untuk membantu kelompok mitra dalam pengadaan mesin parut kelapa.

Selain itu, hasil verifikasi lapangan menunjukan kegiatan dilapangan real, sangat memuaskan reviewer, terjadi transfer ilmu dan keterampilan serta terjadi peningkatan pendapatan kelompok mitra.

Tim PPDM yang diketuai Dr Ir Sitti Sabariyah D.MSi beranggotakan Marjun S.E, M.M. Drs Muhammad Jufri, M.Si. M.kes dan Spetriani STP., M.Sc.

Sebelumnya, Dr Ir Sitti Sabariyah mendapatkan piagam penghargaan sebagai pemakalah terbaik dalam Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat dan CSR ke-2 dengan tema “Pemberdayaan Masyarakat untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan menuju Indonesia  Emas 2045” dari Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Laporan: Ridwan Laki

Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.