Ulama Hadramaut Syekh Ma’ruf Ba’abbad Jadi Dosen Tamu di Unisa Palu

Ulama Hadramaut Syekh Ma’ruf Ba’abbad Jadi Dosen Tamu di Unisa Palu

Palu-Wartakiat| Ulama asal Hadramaut Syekh Ma’ruf Ba’abbad, dalam kunjungannya atau rihlah ke Indonesia, khususnya di Sulawesi Tengah, kota Palu, menyempatkan diri menjadi dosen tamu di Universiras Alkhairaat (UNISA), Palu. Selasa, (13/12)

Bertempat di aula Fakultas Agama Islam (FAI), Syekh Ma’ruf Ba’abbad didampingi penerjamah Dr Ali Imram Shultan mengulas pentingnya memilih sahabat yang baik.

Syekh Ma’ruf mengatakan, teman yang baik itu tidak sekedar menjadi teman nongkrong, melainkan teman yang saling mengingatkan dalam kebaikan.

“Kampus ini dipenuhi keberkahan dan kebaikan yang telah diwariskan oleh pendirinya, habib Idrus bin Salim Aljufri,”katanya.

Pada kesempatan itu, Syekh Ma,’ruf menyentil nasehat Rasulullah yang menyebutkan, jika engkau melihat seseorang, lihatlah dengan siapa dia berteman.

“Kalau kita perhatikan secara mendalam, ternyata Rasulullah SAW telah membuat sebuah kaidah, persahabatan pada hakekatnya adalah pembentukan karakter,” katanya.

Syekh Ma’ruf mengatakan, karakter baik maupun buruk seseorang sangat dipengaruhi oleh persahabatan, kejernihan hati dan pikiran lanjut Syekh dapat menghasilkan tindakan atau ucapan yang mengarah kepada hal-hal yang baik dan bermanfaat bagi orang lain.

Sebelumnya, Rektor UNISA, Dr Umar Alatas menyambut baik dan merasa terhormat atas kehadiran Syekh Ma’ruf yang bersedia meluangkan waktunya berbagi ilmu dengan civitas akademika UNISA. Dia meminta para mahasiswa berkosentrasi menerima materi yang disampaikan ulama asal Hadramaut itu.

Kuliah tamu ditutup dengan tanya jawab dan foto bersama. Sebelumnya, Syekh Ma’ruf Ba’abbad juga memberikan tausyiah pada haul keluarga habib Ali bin Muhammad Aljufri di bukit Asybaalul Khairaat, kelurahan Kabonena, kota Palu.

Laporan: Mustafa bin Saggaf Aljufri
Editor: Ridwan Laki

Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.