RSU SIS Aldjufrie Terakreditasi Paripurna

RSU SIS Aldjufrie Terakreditasi Paripurna

Palu –Wartakiat| Alhamdulillah, RSU SIS Aldjufrie, berhasil meraih predikat kelulusan paripurna atau bintang lima,  dari hasil akreditasi yang dilakukan lembaga independen KARS (Komisi Akreditasi Rumah Sakit). Informasi ini disampaikan secara resmi oleh pihak KARS melalui email RSU SIS Aldjufrie, baru-baru ini.

Predikat bintang lima itu diperoleh pihak RSU SIS Aldjufrie setelah melalui proses penilaian dari tim surveyor KARS yang diketuai dr. Mukmin, M.Kes, didampingi dr. Cinderella Rieuwpassa, Sp.OG, M.H.FISQua.

Penilaian berlangsung selama tiga hari berturut-turut. Dimulai pada tanggal 8 Maret 2023, dengan menggunakan metode daring.

Prosesnya berlanjut pada tanggal 9 dan 10 Maret dengan menelusuri langsung ke lapangan. Survey akreditasi yang dilakukan oleh KARS melingkupi telaah dokumen 16 kelompok kerja (pokja).

Penilaian tidak hanya sebatas kelengkapan dokumen, namun juga berlanjut hingga pada telusur implementasi, untuk memastikan seluruh dokumen yang disiapkan, regulasi yang ditetapkan, sejalan dengan implementasi yang dilakukan RS.

Proses akreditasi dilanjutkan dengan simulasi code blue, untuk melihat bagaimana respon staf di lingkungan RS menghadapi situasi kegawatdaruratan pada pasien/pengunjung di area RS.

Tidak hanya itu, surveyor juga melakukan penilaian bagaimana respon staf di lingkungan RS, jika terdapat kondisi bencana gempa bumi, termasuk juga menilai kecakapan beberapa individu dalam menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) pada simulasi code red.

Setelah melakukan rangkaian penilaian, pihak KARS mengapresiasi komitmen pemilik RS, Direktur RS, dan seluruh civitas hospitalia yang sangat tinggi dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien. RSU SIS Aldjufrie juga dinilai mampu memberikan pelayanan yang ramah dan menyenangkan, ditunjang dengan lingkungan RS yang bersih dan rapi.

Respon pihak RS untuk menanggapi setiap rekomendasi dari surveyor juga sangat cepat dan menunjukkan komitmen RS untuk perubahan yang positif.

Dikutip dari media alkhairaat.id, Direktur RSU SIS Aldjufrie, dr. Magfirah Alamri, MARS,, mengungkapkan, sejak awal pihaknya telah bermitra dengan KARS.

“KARS memberikan kontribusi yang besar dalam pengembangan RSU SIS Aldjufrie, terutama dalam upaya memaksimalkan mutu dan keselamatan pasien,” kata Magfirah.

Ia pun mengungkapkan rasa bangga dan terima kasih kepada seluruh staf dan keluarga besar RSU SIS Aldjufrie, yang dengan semangat dan kerja keras, berupaya semaksimal mungkin untuk pencapaian hasil akreditasi.

“Pencapaian tingkat paripurna ini sangat membahagiakan dan sangat berharga bagi kami. Namun ini bukan titik akhir, ini adalah titik awal bagi RSU SIS Aldjufrie untuk melakukan reformasi,” tambahnya.

Ia berharap, hasil paripurna ini semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk memilih RSU SIS Aldjufrie sebagai rumah sakit pilihan.

“Hasil ini juga akan memacu kami untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada pasien. Insya Allah kami berkomitmen senantiasa mengedepankan mutu dan keselamatan pasien dalam pelayanan,” katanya.

RSU SIS Aldjufrie yang berlokasi di Jalan Sis Aljufri nomor 72 Kota Palu, Sulawesi Tengah, merupakan rumah sakit milik Yayasan Alkhairaat Sayyid Idrus bin Salim Aldjufri yang beroperasi sejak Desember 2004.

Laporan: Ridwan Laki

Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *