Tim Bantuan Medis Arteria FK Unisa Terjun ke Lokasi Banjir di Desa Bunta

Tim Bantuan Medis Arteria FK Unisa Terjun ke Lokasi Banjir di Desa Bunta

Morut-Wartakiat| Tim Bantuan Medis (TBM), Arteria Fakultas Kedokteran (FK), Unisa Terjun ke Lokasi Banjir Bandang. Mereka menurunkan tim medis untuk membantu korban banjir bandang di Desa Bunta,Kecamatan Petasia Timur, Kabupaten Morowali Utara.

dr. Putra Rachman melaporkan dari lokasi bencana komposisi tim yang turun terdiri dari tiga mahasiswa Unisa yakni, Komang Riky Indrawan, (Arteria 011-150), Syafrizal Djibran, (Arteria 011-155) dan Bintang Ramadhan (Arteria 011-154) mereka diperkuat dua orang dokter alumni Unisa yang juga anggota TBM Arteria yakni, dr. Putra Rachman Hakim (Arteria 03-051) dan dr. Moh.Shadiq (Arteria 03-063).

Menurut dr Rachman, tim sudah melakukan pelayanan medis sejak tanggal 12 April hingga 15 April 2023 mendatang.

“Sebelumnya kami berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Morut selaku penganggung jawab dalam bidang kesehatan setempat, TBM Arteria memutuskan untuk membuat posko medis di balai desa yang juga merupakan posko dengan pengungsi terbnyak ditempat itu,”kata dr Rachman.

Mayoritas korban banjir kata dr Aman, sapaan akrabnya, menderita sakit dyspepsia, diare dan gatal-gatal.

“Jenis penyakit yang diderita pasien atau yang kami tangani kebanyakan pasien post bencana banjir atau efek dari bencana banjir, seperti dyspepsia, diare dan gatal-gatal. Pasien lain pun tetap dilayani seperti para pengungsi yang sedang hamil atau pasien trauma,” jelas dokter alumni Pondok Pesantren Alkhairaat itu.

Menariknya, TBM Arteria juga menyerahkan bantuan berupa kebutuhan MCK khusus bayi dan anak yang sumber dana donasi Arteria Care Humanity (ACH), yang telah terkumpul sebanyak Rp.3.650.000. (Tiga Juta Enam Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah).

“Salam persaudaraan dan kemanusiaan, from zero to hero, jayalah TBM Arteria FK Unisa,” pungkas dr Rachman.

Laporann: Ridwan Laki

Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *