Lantik Dekan Fakultas Sastra Unisa, ini pesan Rektor

Lantik Dekan Fakultas Sastra Unisa, ini pesan Rektor

Palu-wartakiat | Dosen Tetap Yayasan Universitas Alkhairaat, Syamsuddin, resmi dilantik oleh Rektor Universitas Alkhairaat (Unisa), Dr.Umar Alatas sebagai Dekan Fakultas Sastra Unisa, periode 2020-2024. Bertempat di aula Lembah Palu Unisa, Kamis, (6/8).

Sebelumnya, Syamsuddin menjabat sebagai Dekan Pengganti Antar Waktu (PAW) tahun 2019-2020.

Selain dirinya, turut dilantik Wakil Dekan Bidang Akademik, Rani Fardani, Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum dan Keuangan, Suparni, serta Ketua Program Studi Sastra Indonesia, Mardiah Baharta.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut Wakil Rektor Bidang Akademik, Fachrudin A. Yahya, Wakil Rektor bidang Keuangan, Marjun, Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan, Dr. Ahmadan, Ketua Senat Unisa Palu, Dr. Aris Aksarah, Ketua Komisi Etik, Dr.Kasman Jaya, para dekan dan pimpinan lembaga di lingkungan Universitas Alkhairaat. Proses pelantikan tetap menggunakan standar protokol covid-19.

Dalam arahannya, Rektor Dr Umar Alatas berpesan agar Dekan yang baru dilantik, senantiasa membangun koordinasi secara kelembagaan dengan pimpinan universitas dalam setiap pengambilan keputusan sesuai dengan mekanisme dan aturan main dalam berlembaga.

“Dekan adalah  representasi pimpinan Universitas ditingkat fakultas, koordinasi itu sangat penting dalam berlembaga, ada mekanisme dan aturan main yang harus dijalankan, khususnya dalam pengambilan kebijakan,” jelas Rektor.

Rektor berharap, Dekan harus mampu menunjukkan trend peningkatan kinerja khususnya dalam rekrutmen mahasiswa baru di fakultas Sastra.

“Trend Maba, khususnya di fakultas Sastra masih fluktuatif, perlu peningkatan kinerja, akreditasi juga menjadi bagian terpenting untuk menjadi perhatian kita semua,” lanjut Rektor.

Pada kesempatan itu Rektor juga berharap Dekan bisa memanfaatkan jaringannya dengan membuka program studi baru yang relevan sesuai kebutuhan pengguna.

Sebelumnya, dalam rapat senat Universitas, fakultas Sastra telah mengusulkan pembukaan Program Studi Sastra Inggris.

Rektor juga mengingatkan agar senantiasa membangun koordinasi, kebersamaan dan komunikasi yang baik agar roda organisasi bisa berjalan sesuai mekanisme.

“Saya berharap di bawah kepemimpinan Pak Syam ini, Sastra bisa terus berkembang, semua dosennya sudah memiliki lisensi, memiliki jabatan fungsional dann tersertifikasi,’’ harapnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Sastra, Syamsuddin kepada wartawan mengaku siap mengemban amanah sebagai pimpinan disalah satu fakultas tertua di Unisa tersebut.

’’Bersama tim saya (wakil dekan dan ketua prodi) Yang baru dilantik akan berusaha membenahi dan memajukan fakultas tercinta ini. Insya Allah dengan motivasi tinggi dan niat ikhlas, kami berusaha memberikan yang terbaik,’’ pungkas wartawan Media Alkhairaat ni. (rl)

Ridwan Laki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares