Tangis Haru Yuli Usman, Peraih Beasiswa Bidikmisi Lulus Cumlaude

Tangis Haru Yuli Usman, Peraih Beasiswa Bidikmisi Lulus Cumlaude

Palu-Wartakiat| Yuli Usman, tak dapat menahan air matanya usai dinyatakan lulus dengan predikat cumlaude, dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), 3,91. Kamis, (27/6). Matanya sembab, air matanya tumpah dipelukan para dosen penguji, pegawai dan staf serta para sahabat yang menyaksikannya.

Yuli Usman adalah salah satu mahasiswa peraih beasiswa bidikmisi, kini bernama KIP kuliah. Ia kuliah di Fakultas Pertanian, Program Studi Agroteknologi, Universitas Alkhairaat (UNISA), meski gadis kelahiran desa Pusungi 09 Juli 1999 itu berasal dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Ampana (SMKN), jurusan Administrasi Perkantoran, namun tidak menyurutkan tekadnya untuk belajar dari awal tentang ilmu pertanian. Dia berhasil merampungkan studynya 3 tahun 10 bulan.

Tekadnya yang kuat untuk melanjutkan pendidiikan sudah terlihat sejak ia lulus dari SMK.  Sayangnya, dia tidak punya biaya untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi, niat itu terpaksa dikuburnya dalam-dalam. Betapa tidak, sejak usia tiga tahun dirinya terpaksa berpisah dengan kedua orang tuanya, Yuli dipelihara nenek dari pihak ayah hingga tamat SMP. Saat sekolah SMKN ia memilih tinggal di rumah tantenya. Sesekali sang ayah memberinya uang.

Sampai suatu ketika, anak tunggal pasangan Usman dan Saida ini mendapatkan kabar tentang beasiswa bidikmisi di kampungmya.Untuk meyakinkan dirinya, dia menanyakan apakah beasiswa itu juga diperuntukan bagi alumni SMK, ia mendapatkan jawaban yang menyenangkan hatinya. Singkatnya, ia dinyatakan lolos dan diterima kuliah di Universitas Alkhairaat melalui jalur beasiswa bidikmisi. Asanya untuk memutus rantai kemiskinan akhirnya terkabul.

Mendengar kabar ia diterima sebagai salah seorang penerima beasiswa, barulah ia menceritakan pada sang nenek kabar kelulusannya itu bahwa dia akan segera melanjutkan study di Palu. Tidak main-main dia menyelesaikan studinya tidak sampai 4 tahun.

Dihadapan penguji, mahasiswa dengan nomor stambuk 19444019 ini berhasil mempertahankan skripnya yang diberi judul Respons Hasil Tanaman Padi (Oryza Sativa L.) yang diberikan Kombinasi Konsorsium Mikrob Filosfer dan Mikrob Rizosfer.

Tangis haru pecah saat pembimbing utama Dr Ir Aris Aksarah Pas, MP menyematkan selempang kesarjanaanya, selempang terukir namanya, Yuli Usman, S.P.

Pembimbing Utama: Dr. Ir. Aris Aksarah, M.P. Pembimbing pendamping: Sayani, S.P., M.Si. Penguji Utama: Dr. Jumardin, S.P., M.Si dan Penguji pendamping: Dr. Sri Sudewi, S.P., M.Sc.

Laporan: Ridwan Laki

Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *