7 Manfaat Daun Kumis Kucing, Jangan Remehkan Khasiatnya!

7 Manfaat Daun Kumis Kucing, Jangan Remehkan Khasiatnya!

Palu-wartakiat | Jangan remehkan daun dari sebuah tanaman. Buktinya, daun kumis kucing memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Daun kumis kucing dari dulu kala sudah digunakan untuk ramuan tradisional. Tanaman ini tumbuh di Asia Tenggara yakni Indonesia dan Malaysia.

Biasanya kita mengenali daun kumis kucing dari bunganya yang berwarna putih atau ungu dengan benang sari panjang dan mirip kumis kucing. Karena itu tanaman ini dinamai tanaman kumis kucing.

Kembali lagi ke daunnya, daun kumis kucing dimanfaatkan sebagai minuman herbal seperti teh. Cara penyeduhannya pun seperti menyeduh teh. Daun kumis kucing yang telah dikeringkan direndam dalam air mendidih panas selama sekitar tiga menit. Kamu juga bisa menambahkan madu pada larutan tersebut.

Berikut manfaat daun kumis kucing untuk kesehatan:

1. Cegah Darah Tinggi

Daun kumis kucing (https://www.detik.com/tag/khasiat-kumis-kucing-dan-cara-pengolahannya) dipercaya dapat mencegah darah tinggi. Sebab daun itu memiliki kandungan Methylripariochromene A (MRC) yang berfungsi membantu merelaksasi otot dan memperbesar pembuluh darah. Methylripariochromene A diyakini bermanfaat dalam pengobatan tekanan darah tinggi. Kumis kucing juga mengandung kalium yang tinggi. Kalium membantu mengurangi efek sodium.

2. Obat Ginjal
Manfaat kumis kucing berikutnya yakni menyembuhkan penyakit ginjal. Ramuan daun kumis kucing dapat mengobati berbagai infeksi seperti infeksi ginjal akut dan kronis, infeksi kandung kemih, infeksi saluran kemih, sering buang air kecil, dan batu kandung kemih.

3. Obati Rematik
Salah satu ciri penyakit rematik yakni peradangan. Rematik memengaruhi struktur pendukung tubuh bahkan organ. Kalau kamu mengalami rematik, minumlah ekstrak daun kumis kucing. Daun kumis kucing dapat mengurangi rasa nyeri, menghilangkan peradangan, serta memelihara fungsi persendian.

Cara mengonsumsinya, rebus 5 lembar daun kumis kucing segar, daun meniran, dan 3 gelas air putih hingga berubah warna. Setelah dingin minum tiga kali sehari masing-masing setengah gelas.

4. Cegah Infeksi Saluran Kencing
Daun kumis kucaing disebut dapat mencegah infeksi saluran kencing. Sifat antibakteri dan antimikroba menjadikan daun kumis kucing dapat mengatasi infeksi tersebut.
Daun kumis kucing membantu mengurangi bakteri menempel pada sel-sel di dinding saluran kemih yang dapat menimbulkan infeksi. Seseorang yang sulit buang air kecil dapat mengalami infeksi di saluran ginjal dan kandung kemih. Infeksi saluran kemih kerap terjadi pada wanita.

5. Atasi Keputihan
Penyebab keputihan yakni jamur dan bakteri. Infeksi jamur dan ragi menyebabkan keputihan. Sedangkan untuk bakteri yang menyebabkan keputihan yakni bacterial vaginosis. Bakteri ini menyebabkan keputihan yang memiliki bau kuat.

6. Meringankan batuk
Saat musim hujan kita kerap terkena penyakit batuk. Daun kumis kucing dapat meringankan batuk atau penyakit yang menyerang tenggorokan dan saluran pernafasan. Hal in karena daun kumis kucing mengandung zat anti bakteri sehingga dapat membantu membunuh kuman di tenggorokan dan berperan sebagai obat batuk alami.

7. Detoks Tubuh
Daun kumis kucing bermanfaat untuk detos tubuh. Minumannya berupa teh Jawa yang diyakini dapat membantu membersihkan racun dan kuman dari dalam tubuh. Minuman herbal tersebut dibuat dari tanaman kumis kucing yang dicampur dengan rempah lainnya.

Itulah manfaat daun kumis kucing. Untuk ibu hamil, menyusui, dan seseorang yang menunjukkan gejala alergi dapat mengonsultasikan penggunaannya pada dokter. (detikhealt)

Wartakiat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares