Universitas Alkhairaat Laksanakan KKN Tematik Pariwisata Berbasis Lingkungan

Universitas Alkhairaat Laksanakan KKN Tematik Pariwisata Berbasis Lingkungan

PALU- Universitas Alkhairaat (Unisa), kembali menerjunkan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN), tematik Pariwasata berbasis Lingkungan bulan Maret 2022 ini. Semester sebelumnya, Unisa juga melaksanakan KKN tematik Covid-19, yang disebar di sejumlah desa dan kelurahan di kota Palu dan Sigi.

Rektor Universitas Alkhairaat melalui Wakil Rektor II, Marjun Pakaya berharap mahasiswa KKN Uniss dapat menjalankan program yang menyentuh kepentingan masyarakat setempat.khususnya yang berkaitan dengan pengembangan destinasi wisata berbasis lingkungan. Disisi lain, Marjun berharap mahasiswa KKN Unisa menjadi garda terdepan dalam menangkal berita hoax atau berita miring tentang Unisa.

“Saya harap kalian menjadi ujung tombak Unisa dengan program tematik pariwisata berbasis lingkungan kealkhairatan yang bisa dikenang masyarakat walaupun kalian sudah tidak lagi bersama mereka, karya kalian dikenang sepanjang masa,”kata Marjun saat membuka acara pembekalan KKN Tematik Pariwasata berbasis lingkungan, Sabtu, (12/3).

Kepala Divisi Pengabdian pada Masyarakat LPPM Unisa, Muhamad Gulom mengatakan KKN angkatan 49 kali ini, tematik pariwisata berbasis lingkungan dengan sebaran lokasi di kabupaten Tojo Una-una, Parigi Moutong, Donggala dan kota Palu.

“Diharapkan  mahasiswa KKN melalui program kerjanya  dapat membantu pengembangan kelembagaan desa destinasi wisata yang dimaksud,”harapnya.

Selain itu, kata Gulom, mahasiswa diharapkan bisa menata lingkungan di setiap desa masing-masing,kecuali mahasiswa yang ditempatkan di kabupaten Tojo Una-una, program mereka dikorelasikan dengan program dari dinas Pariwisata setempat.

“Khusus di kabupaten Tojo Una-una program mahasiswa KKN dikorelasikan dengan program dari dinas Pariwisata setempat, sementara untuk daerah lainnya programnya tidak terikat dengan pariwisata, namun tetap berkoordinasi dengan pemerintah desa masing-masing,”jelasnya. posko seluruhnya berjumlah 19, sementara jumlah dosen pembimbing lapangan 15 orang.

Pembekalan KKN tematik Pariwisata berbasis Lingkungan ini ditutup dengan pengarahan dari Dosen Pembimbing Lapangan kepada para mahasiswa bimbingannya.

Penulis; Ridwan Laki

Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.